(Portal Belajar Ekonomi SMAN 4 Cilegon)

Blog ini merupakan Media online Mapel Ekonomi SMAN 4 Cilegon * ©2020



Blog ini merupakan Media online Mapel Ekonomi SMAN 4 Cilegon * Selamat Datang di Tahun Pelajaran 2023/2024 * ©2023

Siklus Akuntansi Perusahaan Jasa

Perusahaan Jasa adalah Perusahaan yang bergerak dalam penyediaan jasa atau menjual jasa. Contoh perusahaan jasa meliputi: (a) Usaha Salon, (b) Bengkel Motor/Mobil, (c) Jasa Laundry, (d) Perusahaan Angkutan, (e) Jasa Pengacara, (f) Konsultan Pajak, Akuntan, Arsitektur, dll.

Ciri-ciri Perusahaan Jasa:

  1. Perusahaan jasa menawarkan layanan yang tidak berwujud. Jasa adalah sesuatu yang tidak dapat kita lihat secara fisik, namun dapat kita rasakan manfaat atau kegunaanya. Oleh karena itu, sebuah perusahaan jasa pada hakekatnya tidak menjual produknya.
  2. Standar harga untuk suatu layanan yang ditawarkan perusahaan jasa sulit diukur. Harga suatu jasa/layanan bergantung pada tingkat kepuasan konsumen yang menikmati jasa tersebut. Contohnya harga jasa perawatan kecantikan di salon.
Seperti layaknya Perusahaan pada umumnya, siklus akuntansi perusahaan jasa diawali dari terjadinya (1) transaksi, dengan tindak lanjut menganalisis bukti transaksi, (2) mencatat ke dalam Jurnal Umum, (3) mengelompokkan ke dalam buku besar, (4) merangkum ke dalam neraca saldo, (5) mengikhtisarkan ke dalam kertas kerja, (6) menyajikan ke dalam Laporan Keuangan (Laba-Rugi, Lap. Perubahan Modal, Neraca)


(klik gambar untuk memperjelas)
neracamikrosolusi.wordpress.com

Informasi Akuntansi yang tersaji dalam Laporan Keuangan sangat berguna bagi manajemen dalam proses pengambilan keputusan perusahaan. Dan siklus akuntansi selalu berulang setiap periode selama Perusahaan masih beroperasional secara aktif.

(klik gambar untuk memperjelas)
darmansyah.weblog.esaunggul.ac.id
-----------------------------------***
Berikut pembahasan terpisah untuk masing-masing siklus, silahkan klik link sbb:



Terkait:


Share:

1 komentar:

Populer

Label

akuntansi (19) APBN/APBD (2) download (3) ekonomi (21) ekonomika (9) gallery (2) inflasi (1) kelas X (9) kelas XI (16) kelas XII (18) kisah (2) konvensional (2) kurikulum (2) me (1) misc (1) pendidikan (2) perundangan (3) sejarah (2) silabus (1) soal (1) SPE (3) syariah (2) tugas (6)

Recent Posts

Waktu Sholat