Blog ini merupakan Media online Matpel Ekonomi SMAN 4 Cilegon * ©2016

Kamis, 04 September 2014

Pembelajaran Ekonomi SMA pada Kurikulum 2013 (Video)

Kurikulum 2013 atau Pendidikan Berbasis Karakter adalah kurikulum baru yang dicetuskan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI untuk menggantikan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Kurikulum 2013 merupakan sebuah kurikulum yang mengutamakan pemahaman, skill, dan pendidikan berkarakter, siswa dituntut untuk paham atas materi, aktif dalam berdiskusi dan presentasi serta memiliki sopan santun disiplin yang tinggi. Kurikulum ini menggantikan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan yang diterapkan sejak 2006 lalu.

Yang mendasari kegiatan pembelajaran pada kurikulum 2013 adalah pendekatan ilmiah (saintific approach), walupun sebenarnya bukan hal yang baru, karena pendekatan ilmiah pada KBK sudah ada, namun istilahnya saja yang berbeda. Adapun ciri-ciri umumnya adalah kegiatan pembelajaran yang mengedepankan kegiatan-kegiatan proses yaitu : mengamati, menanya, mencoba, menyimpulkan. 


Dalam kurikulum 2013 sendiri terdiri atas beberapa proses diantaranya: mengamati, menanya, mengeksplorasi,mengasosiasi, mengomunikasikan.

Berikut adalah video untuk contoh Pembelajaran Saintifik untuk mata pelajaran ekonomi pada kurikulum 2013.



Sumber:
http://id.wikipedia.org/
http://ibnufajar75.wordpress.com/


facebook
0 blogger

0 komentar:

Posting Komentar