Blog ini merupakan Media online Matpel Ekonomi SMAN 4 Cilegon * ©2016

Selasa, 09 September 2014

Peran Pelaku Kegiatan Ekonomi (Circular Flow) Dua Sektor, Tiga Sektor, Empat Sektor

Circular Flow Dua Sektor



Pelaku ekonomi pertama, yaitu rumah tangga konsumen berperan dalam menyediakan faktor produksi tenaga kerja, tanah, modal, dan enterpreneur di pasar faktor produksi kepada produsen. Sementara rumah tangga produsen berperan dalam mengombinasikan berbagai faktor produksi yang ditawarkan oleh rumah tangga konsumen untuk memproduksi barang dan jasa. Barang dan jasa yang diproduksi kemudian dijual kepada rumah tangga konsumen melalui pasar barang.

Penjualan faktor produksi akan memperoleh pembayaran berupa upah untuk faktor produksi tenaga kerja, sewa untuk tanah, bunga untuk modal, dan laba untuk enterpreneur. Upah, sewa, bunga, dan laba ini merupakan pendapatan bagi rumah tangga konsumen. Pendapatan ini digunakan untuk membayar barang dan jasa yang dibeli oleh konsumen dari para produsen.

Circular Flow Tiga Sektor


Model ini mengilustrasikan aktivitas pemerintah pada perekonomian modern dengan sistem ekonomi campuran. Jalinan antara rumah tangga konsumen dengan pemerintah terdiri atas dua saluran. saluran pertama dalam bentuk pembayaran pajak kepada pemerintah, saluran kedua yaitu aliran faktor produksi yang digunakan oleh pemerintah. Sementara dua saluran yang mengalir dari pemerintah kepada rumah tangga konsumen (RTK) adalah pembayaran atas penggunaan faktor produksi oleh pemerintah dan pembayaran transfer oleh pemerintah kepada RTK berupa subsidi, pembayaran pensiun, dan sebagainya.

Hubungan antara rumah tangga produsen (RTP) dengan pemerintah juga melalui dua jalur. Pertama melalui pajak oleh RTP dan aliran barang dan jasa yang dihasilkan RTP. Sementara dari pemerintah ke RTP berupa subsidi dan pembayaran atas semua barang dan jasa dari RTP yang digunakan pemerintah.

Circular Flow Empat Sektor


Barang dan jasa yang diproduksi oleh suatu negara selain dipasarkan di dalam negeri untuk konsumen lokal, juga dipasarkan ke luar negeri sebagai ekspor negara tersebut. Di sisi lain, negara tersebut juga membeli produk barang dan jasa dari luar negeri atau impor.

Transaksi ekonomi antara satu negara dengan negara lain bukan hanya meliputi barang dan jasa, melainkan juga suku bunga, modal, dan dividen.


Sumber:
Ekonomi SMA/MA Kelas X Grasindo






facebook
1 blogger

1 komentar:

Masukan untuk Bpk / Ibu isi dari blog ini memang bagus tetapi ada hal yang mengganggu pengunjung Bpk / Ibu yaitu lagu, tolong kalau bisa lagu nya dihilangkan saja agar lebih memuaskan pengunjung.

Posting Komentar